SO.. Comment is not Very Important Things


Assalamualaikum sahabat-sahabat blogger tercinta,
Kali ini, saya akan membahas sebuah pengalaman panjang yang pernah saya lakukan di dunia blogging
khusus nya pada segment "Feedback" atau "Tanggapan Balik" atau sering juga disebut komentar pula.


Simak sob cerita nya.

Dulu, ketika blog ini memakai template Zinmag Remedy, yang selalu saya pentingkan itu adalah jumlah atau banyak nya komentar yang masuk ke blog. Tak heran ketika saya memakai template zinmag remedy banyak sekali orang yang Blogwalking ke blog saya dengan meninggalkan jejak nya di Bukutamu atau TagBoard tetapi tidak untuk berkomentar pada artikel yang saya buat, kenapa begitu?

Seharusnya, seorang blogger harus melihat-lihat terlebih dahulu Isi Artikel dan bentuk/rupa blog nya dulu nah barulah berkomentar.

Hal ini membuat saya gusar sekali, mengapa?
Karena banyak blog-blog saingan saya yang sudah mempunyai banyak komentar tetapi Traffic nya tidak mendukung. Tentu saja ini tidak akan membuat blog seimbang.

Dan pada akhirnya saya sadar bahwa komentar atau feedback tidak menentukan nasib si empunya blog. Buktinya saja ada pada blog - blog berikut ini which iz kang rohman dan kang o-om. Yang mereka pentingkan bukan lah banyaknya komentar yang masuk, tetapi TOTALITAS mereka lah yang didedikasikan untuk blogger indonesia. Mereka dengan setia memberikan berbagai ilmu lewat blog yang mereka punya. Dengan beginilah seorang blogger bisa mencapai kesuksess-an.

Saya sendiri heran, kenapa ya orang-orang lebih mementingkan jumlah komentar yang masuk dari pada blog yang ia buat?Beginilah potret harian saya yang sering temukan dari hari ke hari.

Jadi Kesimpulan nya adalah Kembali pada diri kita masing-masing? Apakah kita merasa penting dan yakin dengan banyak komentar yang masuk, traffic atau kelangsungan hidup blog anda akan terjamin? JELAS TIDAK. TOTALITAS lah yang menentukan nasib blog nya sendiri.

Maksud dari TOTALITAS itu sendiri ialah, Kita memberikan semua yang kita punya kepada orang lain dalam artian Ilmu. Berikan lah semua ilmu yang bermanfaat kepada si pembaca nya. Dengan begini, saya yakin se-yakin yakin nya bahwa blog anda pasti mendapatkan balasan setimpal dan mencapai kesukses-an AMIEN..

Semoga anda dapat mengambil hikmah dengan apa yang saya ceritakan ini.
Thanks buat yang baca, keep smiley while blogging. :-)

Mengamati apa yang ada dengan sangat jeli