Collaboration Domain CO.CC with Google Apps

Hallo sahabat-sahabat blogger dimana pun anda berada, kali ini saya akan menghadirkan sebuah tips tentang Penggabungan Layanan Google

App dan Domain CO.CC !



Domain CO.CC
  • Domain CO.CC ini adalah sebuah layanan domain name server dan registrasi domain secara gratis.Banyak orang sudah mencoba layanan mereka , mulai dari setting Name Server , Zone Record , Url Forwarding dan Webhosting. Begitu banyak setting yang bisa kita lakukan di layanan CO.CC , disini memang anda diharuskan mempunyai sedikit keahlian mengenai Pengalamatan IP Address , Pengaturan Domain dan Subdomain , serta Poin-point tertentu yang mesti anda kuasai.
Google Apps
  • Google Apps merupakan aplikasi dalam jaringan (online) yang memungkinkan aplikasi-aplikasi Google dapat sesuai untuk digunakan di situs pribadi. Aplikasi yang akan digunakan dapat dipilih sesua kebutuhan (misalnya untuk bisnis atau pendidikan) dengan fitur-fitur seperti Gmail, Docs, atau produk-produk Google lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu operasional situs, meski tetap tersimpan di server Google.


Setelah anda tahu info-info diatas
Ok, sekarang untuk melihat bagaimanakah anda bisa mengkolaborasikan layanan domain CO.CC dengan Google Apps?

Buatlah sebuah akun di domain CO.CC disini.
Lalu buatlah terlebih dahulu domain yang anda inginkan.
Setelah anda berhasil membuat domain , hal yang harus diperhatikan adalah:
  • Name Server : Fungsi nya sebagai server tujuan , dimana domain anda akan diletakan di server tujuan.
  • Zone Record : Disini ada banyak fungsi yang bisa kita operasikan melalui (A ,Mail Exchanger , Name Server , CNAME , TXT) , dimana nantinya akan mengarahkan domain anda ke sebuah host.
  • Url Forwarding : Fungsinya jika anda hanya ingin meredirect atau mengalihkan sebuah domain ke alamat domain yang di-inginkan.
  • Webhosting : Fungsinya apakah anda menginginkan sebuah hosting web dari domain anda , disini layanan nya dapat dikenakan biaya.
Selanjutnya tinggal mengarahkan domain anda dengan menggunakan layanan CO.CC yang bernama Zone Record, Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengarahan domain menggunkan layanan CNAME , disini anda perlu menyetting domain anda agar dapat berjalan fungsional, jika untuk blogspot lengkapnya sudah dijelaskan oleh CO.CC disini ,settingan domain berada pada menu Setting >> Publishing , isikanlah domain yang sudah anda buat di .CO.CC tadi pada kotak your domain , tambahan jika anda menginginkan redirect tanpa WWW , anda harus menyetting zone record nya pada opsi dropdown : A , isikan IP Address blog anda disana setelah itu baru lah anda checklist pada bagian redirect to . . . . . . .

Lalu , kita lanjut ke Google Apps , daftarkan lah domain yang sudah anda buat tadi di .CO.CC terlebih dahulu disini , pada bagian ini saya tidak akan menjelaskan secara detail , tetapi tidak usah kuatir , bila anda menemukan masalah silahkan contact YM saya di what_on2012.

Setelah anda berhasil membuat sebuah akun Google Apps , hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan domain anda , caranya: tinggal click saja tulisan "verifikasi kepemelikan domain sekarang...." atau "Verify your owned domain" , selanjutnya disini Google Apps sendiri akan menunjukan cara untuk memverifikasi domain anda.

Silahkan anda lihat screenshoot-screenshoot contoh domain yang sudah saya verifikasi di Google Apps menggunakan domain CO.CC :


Silahkan click disini untuk memperbesar ukuran screenshoot


Berikut adalah hasil dari domain yang sudah terverifikasi , semua layanan Google Apps akan langsung otomatis aktif dengan tanda hijau disetiaap URLnya :


Click disini untuk memperbesar ukuran screenshoot


Sip, maka anda dapat dinyatakan berhasil mengkolaborasikan domain CO.CC dengan Google Apps!.

Catatan : Dalam memasukan value-value di domain CO.CC seperti A, MX , dan CNAME , dibutuhkan waktu sekitar 1 jam / Layanan . Dan untuk Google Apps nya , verifikasi berlangsung sekitar 2 - 4 jam lamanya untuk bisa memverifikasi kepemilikan domain anda!

Contoh domain yang sudah jadi :
easy-server.co.cc

Nah... sampai disini aja tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat!
Silahkan ber-experiment sendiri...
Semoga lancar.... apa bila ada pertanyaan saya siap untuk dihubungi via YM [ what_on2012 ]
Happy blogging with me.

Mengamati apa yang ada dengan sangat jeli