Niat berbisnis, kok pesimis?

Pernyataan dari judul diatas kerap kali muncul di benak para blogger ketika mereka ingin memulai bisnis online seperti bisnis Paid to Click,Paid to Read, atau Program

Affiliates. Setelah saya melewati beberapa dekade tentang bisnis yang saya sebutkan diatas, memang benar! Terkesan sulit untuk memulainya dari manakah anda memulainya? Sepertinya gambar disamping memang cocok untuk dijadikan tema artikel ini.

Yups, banyak sekali orang yang ingin memulai sebuah bisnis online yang memang saat ini blogger inginkan. Beberapa waktu lalu pernah saya sebutkan bahwa bisnis online tidak lain dan tidak bukan seperti "PASAR" ada penjual dan ada pembeli, ada penawar dan ada juga yang ditawari!

Untuk itu, bagaimanakah cara memulai bisnis online atau sekedar me-moneytizing sebuah blog?. Hmm.. untuk menjawab pertanyaan diatas memang tidak lah mudah untuk dikerjakan, hal ini membutuhkan sebuah proses dimana anda akan berperan sebagai advertiser atau publisher kah yang akan anda mulai?.

Untuk itu kita perlu memahami seperti apakah peran advertiser dan publisher itu?

Publisher berasal dari kata Publishing yang artinya proses produksi dan penyebaran literatur atau informasi - kegiatan yang tersedia untuk ditampilkan ke publik. Dalam beberapa kasus mungkin penulis penerbit sendiri, yang berarti: pencetus dan pengembang konten juga menyediakan media untuk menyampaikan dan menampilkan konten. Jadi Publisher adalah orang yang menyebarkan,menyampaikan sebuah informasi, media, atau kontent.

Advertiser berasal dari kata Advertising yang artinya adalah bentuk non personal komunikasi yang dimaksudkan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk membeli atau mengambil beberapa tindakan atas produk, cita-cita, atau layanan. Hal Ini meliputi nama produk atau layanan dan bagaimana produk atau layanan yang dapat menguntungkan konsumen, untuk membujuk target pasar untuk membeli atau mengkonsumsi merek tertentu. Jadi Advertiser adalah orang yang membujuk pembaca/pemirsa/pendengar/client nya supaya membeli produk/jasa yang mereka sediakan.

Setelah anda mengetahui dan mengerti point-point diatas, simaklah beberapa tips sederahana dibawah yang mungkin bisa dijadikan pedoman bagi anda yang ingin memulai bisnis online atau hanya sekedar meng-uangkan blog.

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah :
  • Niat.
  • Semuanya jika tanpa niat akan jadi percuma, karena orang yang belum niat adalah orang yang sama saja melakukan hal yang tidak ia kehendaki. Tentu saja ini menjadi faktor penyebab utama jika seseorang ingin sukses. Berniatlah dengan sungguh-sungguh jika anda memang dan ingin memulai bisnis online ini.
  • Yakin.
  • Didunia ini tidak ada yang tidak mungkin, semuanya bisa terjadi dengan kehendak tuhan yang maha esa karena pada dasarnya "manusia hanya berusaha, dan tuhanlah yang menentukan". Yakinkan lah diri anda untuk memulai bisnis online mulai dari hal yang terkecil sampai ke bisnis online secara besar-besaran. Yakin kan diri anda bahwa anda bisa dan mampu untuk memulai atau sekedar meng-uangkan blog saja.
  • Optimis.
  • Hmm.. anda pasti tahu kan JokoSusillo? Beliau adalah seorang usahawan yang sukses dengan meraup keuntungan jutaan rupiah hanya dari sebuah bisnis sederhana di internet! . Tak panjang lebar , orang semacam JokoSusilo tidak mustahil untuk kita tumbangkan posisi nya sebagai pembisnis yang sukses. Maksud kita tumbangkan ini adalah buatlah diri anda menjadi saingannya JokoSusilo tadi. Memang terkesan mustahil dan sangat tidak mungkin bagi orang seperti [maaf] anda yang masih newbie atau pemula, padahal semuanya belum anda coba! Kenapa harus tersikut mundur hanya karena oleh orang yang sudah derajat nya atau posisinya diatas [sukses].
  • Berdoa.
  • Point ini seperti halnya makanan tanpa rasa. Percuma kita berusaha untuk memulai sebuah pekerjaan tanpa dibarengi dengan doa. Karena doalah yang menyebabkan tali silaturahmi anda dengan tuhan yang maha esa agar keinginan anda bisa terkabul.

Yang Terakhir ialah :
Memulai bisnis sederhana anda melalui sebuah media yang disebut web atau blog.
Tak dipungkiri bahwa memang yang berada di internet dominan menggunakan sebuah alat / media komunikasi jarak jauh yang disebut web atau blog. Selain tempat untuk menyebarkan berbagai informasi, juga sebagai wadah kita untuk memulai bisnis online ini. Pada point ini, anda akan dihadapkan kebeberapa aspek-aspek yang harus anda pejalari sendiri dimulai dari cara membuat,mendesain dan memasarkan sebuah jasa/produk melalui media website atau blog.

Di era globalisasi ini, orang-orang sudah tidak lagi memikirkan cara-cara yang menurut mereka terkesan lambat,kurang efisien dan lain-lain. Akan tetapi orang-orang cenderung lebih memikirkan cara yang lebih cepat,efisien, dan praktis. Dari sinilah anda harus memahami berbagai perilaku di era globalisasi ini, karena technologi berkembang lebih pesat dari pada yang lainnya.

Web dan Blog menjadi Sarana Utama bagi pembisnis online masa kini, karena tentu saja mustahil jika orang ingin memulai bisnis online tanpa hadirnya sebuah blog atau web. Pada point ini anda harus mempunyai sebuah wadah dimana akan anda tempatkan sebagai media bisnis online tersebut.

Setelah anda memahami segment-segment diatas, perlu diketahui bahwa seorang pembisnis online harus mampu memasarkan produk/jasa nya. Entah itu berupa barang,layanan,ataupun jasa.

Di internet, banyak sekali cara untuk memasarkan atau mempublikasikan informasi yang anda siapkan tadi. Diataranya dengan mengikuti berbagai program affiliates, advertiser, publisher, maupun made in bussiness.

Jelas hal ini tidak hanya memerlukan sedikit pengorbanan , namun yang harus anda perhatikan adalah pengorbanan waktu,materi dan kerja. Disisi lain, pengorbanan hanyalah faktor kepribadian diri anda sendiri. Jadi semuanya bergantung kepada anda tentang bagaimakah cara anda untuk meng-organisir semuanya sehingga hal ini bisa dipersiapkan secara benar-benar matang.Untuk melanjutkan ke persoalan yang lebih detailnya lagi mungkin saya tidak bisa membawa anda kesana karena saya hanya mengantarkan anda kepada konsep-konsep dasarnya saja. Tapi di lain waktu saya akan hadirkan tips bisnis online sederhana lewat internet

Mungkin begitulah tanggapan mengenai tema artikel ini.
Semoga isi artikel yang saya bawa bisa mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda.
Happy blogging with me.. :)
Enjoy your blog... :)

Mengamati apa yang ada dengan sangat jeli