Choosing a TagBoard

Tagboard atau lebih dikenal dengan chatbox sangat banyak jenisnya di internet. Untuk apa sih Chat Box itu? Ada yang mengatakan bahwa Chatbox sebaiknya tidak perlu dimassukan ke dalam Blog/situs, karena nantinya tidak akan nampak professional. Padahal menurut saya sendiri, Chatbox keberadaanya sangat sekali dibutuhkan dan berguna untuk menyampaikan inspirasi dari pengunjung.

Tidak hanya itu, terkadang pengunjung tidak bisa menuliskan apa yang ingin mereka tulis dalam sebuah komentar di postingan, karena apa yang nantinya mereka tulis biasanya tidak ada hubungannya dengan postingan tadi. Kalau sudah begitu, sudah pasti mereka butuh sarana pengganti yang bisa menerima pesan atau apapun yang mereka inginkan, dan sarana itu tidak lain adalah Chat Box sendiri.

Memang ada situs/blog yang jika dipasang Chat Box akan tidak nampak professional. Seperti apakah situs tersebut? Tentunya situs pemerintahan, situs gambar, video, banking, situs bisnis, dan lainnya. Kita akan membahas beberapa vendor paling terkenal penyedia chatbox.

Cbox (www.cbox.ws)


Merupakan penyedia yang sudah tidak jarang lagi kita liat keberadaannya. Begitu banyak setting yang bisa kita gunakan, bahkan kita juga bisa mengganti gambar-gambar emoticon sesuai dengan kesukaan kita sendiri. Tidak lupa juga, Cbox ini memiliki fitur anti-spam yang bisa mengantisipasi komentar spam dalam blog kita.

Segera buka saja account gratisan mereka. Lalu masuk ke Cbox Option > Configure the Displays > Date and Post. Di bawah Post Option ada opsi Anti-Spam, aktifkan langsung fitur asyik itu. Kita juga bisa mengkustomisasi sendiri warna Tag Board kita dengan masuk ke Color and Fonts. Jika kita sudah mengkonfigurasi segala yang kita inginkan, langsung saja ,masuk ke Quick Setup dan dapatkan kode Cbox.

Jika sudah mendapatkan kode cbox, langkah selanjutnya adalah memasangnya di google blogger milik kita. Untuk melakukannya, kita harus terlogin ke dalam google blogger. Jika sudah, masuk ke Page Element > Add a page Element > HTML/JavaScript. Kita kan sudah mendapatkan kode dari cbox, pasang saja kode tadi ke dalam kotak HTML di sana dan beri judul misal; "My Tagboard" atau "Ngerumpi.

Shoutmix (www.shoutmix.com)

Boleh jadi Shoutmix adalah rival terbesarnya Cbox. Pasalnya mereka juga hampir menguasai pasar tagboard dunia. Beberapa blog-blog, mulai blog gardening sampai blog money making biasanya menggunakan jasa mereka untuk membuat sebuah widget tagboard.

Sama dengan Cbox, mereka menawarkan paket gratis bagi siapapun yang mendaftar sebagai member mereka. Ketika kita sudah terdaftar sebagai member mereka, kita bisa langsung menekan link Use Shoutbox untuk men - generate kode HTML yang nantinya akan dipasang di blog kita.

Kita juga bisa mensensor kata-kata dengan fitur Profanity Filter. Tidak hanya itu, jika kita menerima pesan spam, walaupun disini tidak ada fitur Anti Spam, kita bisa menggunakan fitur Ban Control yang akan mem-banned users yang bandel atau yang suka nge-spamming Shoutmix kita. Selamat mencoba shoutmix ya!.

Oggix (oggix.com)

Perusahaan asal singapore ini tidak hanya memproduksi Tagboard saja, banyak sekali hasil karya mereka, ada HitCounter,Blog, dll. Dan semua itu dapat kita aktivasi secara gratis. Sebelumnya, kita harus register terlebih dahulu untuk mempergunakan semua layanan mereka.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa tagboard mereka beberapa waktu lalu pernah tidak kompatibel digunakan dalam lingkungan Blogger, entah kenapa. Meskipun demikian, mereka telah membenahi hal itu dan sekarang sudah bisa digunakan.

Simpel adalah kesan pertama jika kita melihat Oggix TagBoard ini. Tetapi fitur yang disediakan oleh mereka lebih sedikit ketimbang kedua vendor yang telah disebutkan sebelumnya. Namun berbagai hasil karya mereka dapat dinikmati selamanya jika kita sudah terdaftar menjadi bagian dari kehidupan Oggix. Selamat mencoba dengan oggix yach!

Tag-World (tag-world.com)


Memang kita jarang mendengar Tag-world. Namun bukan berarti jika kita tidak mendengar, kita justru malas mencoba. Bahkan karena jarang terdengar itulah bisa-bisa ada fitur rahasianya loh!

Benar saja, tidak seperti ketiga TagBoard sebelumnya, Tag-World memiliki kelebihan berupa adanya fitur IP-Blocking, yang bisa nge-block tiap - tiap nomor IP Komputer. Enak khan! Belum puas dengan IP-Blocking? Masih ada fitur anyar mereka, sebut saja fitur yang biasa ditunggu-tunggu, yakni Anti-Spam.

Coba Saja deh tag-world. Bagus kok ^_^ untuk situs kita yang simpel dan minimalis, karena bentuknya sendiri memang simpel dan minimalis.

Plugoo (plugoo.com)

Memang Plugoo jarang kita dengar. Apa sih kelebihannya? Plugoo bisa memberi kita kesempatan untuk chat bareng dengan pengunjung. Pengunjung dan kita menggunakan Plugoo sebagai media chat-nya. Kalau pengunjung menggunakan Plugoo sebagai media chat, mereka tidak perlu menggunakan dengan yang namanya YM, ICQ, Jaber, GTalk, atau yang lainnya. Hanya kita yang menggunakan instant messengger, tetapi mereka Harus menggunakan Plugoo.


Menurut pengamatan diatas, mana yang akan kita pilih sebagai pasangan Blog dalam urusan TagBoard, Cbox? Plugoo? atau yang lainnya?. Untuk Blogger Pemula itu terserah anda mau milih yang mana? tergantung selera anda. Tapi menurut saran saya, sebaiknya anda memilih shoutmix saja, karena kepopuleran dan keistimewaannya yang menjadikan Shoutmix makin banyak digunakan dan digemari para blogger!! Dan jika anda Blogger Advance (Mahir) menurut saya, disarankan untuk tidak memilih tagboard apapun, karena menurut pengamatan saya jika seorang blogger yang memiliki unique visitor yang tinggi memakai tagboard!! , Maka nantinya justru blog tersebut akan nampak tidak professional!! Jadi Itulah sekilas tentang cara memilih tagboard yang saya informasikan ke anda agar menjadi tambahan pengalaman anda dalam dunia blogging!! Terima Kasih!! Selamat Mencoba!!

Mengamati apa yang ada dengan sangat jeli